LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR)
A.
Learning Cycle (Siklus Belajar)
Siklus belajar (learning cycle) adalah suatu model
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered). Pengembangan
model ini pertama kali dilakukan oleh Science Curriculum Improvement Study
(SCIS) pada tahun 1970-1974. Model ini dilandasi oleh pandangan kontruktivisme
dari Piaget yang berangapan bahwa dalam belajar pengetahuan itu dibangun
sendiri oleh anak dalam struktur kognitif melalui interaksi dengan
lingkungannya. Siklus belajar merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase)
yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat menguasai
kompetensi-kompetensi, yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan
berperan aktif. Siklus belajar pada mulanya terdiri dari fase-fase
eksplorasi (exploration), pengenalan konsep (concept introduction)
dan aplikasi konsep (concept application) (Karplus dan Their dalam
Renner et al, 1998).
B. Alasan Menggunakan Learning Cycle (Siklus
Belajar)
Alasan pengunaan model pembelajaran
learning cylce (siklus belajar) karena sesuai dengan teori kontruktivisme
piaget. Dimana piaget menyatakan bahwa belajar merupakan pengembangan aspek
kognitif yang meliputi : struktur, isi, dan fungsi. Struktur intelektual
adalah organisasi-organisasi mental tingkat tinggi yang dimiliki individu
untuk memecahkan masalah-masalah. Isi adalah perilaku khas individu dalam
merespon masalah yang dihadapi. Sedangkan fungsi merupakan proses
perkembangan intelektual yang mencakup adaptasi dan organisasi (Arifin, 1995).
C. Tipe Dan Fase-Fase dalam Lerning
Cycle
Lawson
(1995) mengemukakan tiga learning cycle yaitu:
- Deskriptif, para siswa menemukan pola empiris dalam konteks khusus (eksplorasi); guru memberi nama pada pola itu (pengenalan istilah atau konsep), kemudian pola itu ditentukan dalam konteks-konteks lain (aplikasi konsep).
- Empiris-induksi, para siswa juga menemukan pola empiris dalam konteks khusus (eksplorasi), tetapi mereka selanjutnya mengemukakan sebab-sebab yang mungkin tentang terjadinya suatu pola.
- Hipotesis deduktif, dimulai dengan pernyataan sebab. Para siswa diminta untuk merumuskan jawaban-jawaban hipotesis-hipotesis yang mungkin pada terhadap pernyataan itu.
Ketiga tipe learning cycle ini
menunjukan suatu kontinum dari sains deskriptif hingga sains eksperimental.
Dengan sendirinya ketiga siklus belajar ini menghendaki perbedaan dalam
inisiatif dan kemampuan penalaran siswa.
Fase-fase
dalam pembelajaran Learning Cycle terdapat 3 fase penting yaitu fase
eksplorasi, pengenalan konsep, dan penerapan konsep.
- Fase pengenalan konsep peran guru lebih dominan. Dengan menggunakan metode yang sesuai, guru membantu siswa mengidentifikasi konsep, prinsip, dan hukum-hukum yang berhubungan dengan pengalaman pada fase eksplorasi. dalam tahap ini guru berperan lebih tradisional. Guru mengumpulkan informasi dari murid-murid yang berkaitan dengan pengalaman mereka dalam eksplorasi. Bagian pelakaran ini merupakan waktu untuk menyusun pembendaharaan kata. Materi-materi seperti buku, alat pandang dengar dan materi tertulis lainnya diperlukan untuk penyusunan konsep.
- Fase terakhir adalah penerapan konsep. Pada fase ini siswa diminta untuk menerapkan konsep yang baru mereka pahami untuk memecahkan masalah-masalah dalam situasi yang berbeda. Dalam hal ini guru bertugas untuk menyiapkan berbagai kegiatan atau permasalahan yang relevan dengan konsep yang sedang dibahas.
Pada fase
ini, peserta didik diajak menerapkan pemahaman konsepnya melalui
kegiatan-kegiatan seperti problem solving atau melakukan percobaan lebih
lanjut. Penerapan konsep dapat meningkakan pemahaman konsep dan motivasi
belajar, karena peserta didik mengetahui penerapan nyata dari konsep yang
mereka pelajari.
Tiga fase
dalam model learning cycle saat ini telah dikembangkan dan disempurnakan
menjadi 5 fase, sering dijuluki LC
5E yaitu Engagement, Exploration, Explaination, Elaboration, dan Evaluation
(Lorsbach, 2002)
- Engagement, Mempersiapkan diri siswa agar terkondisi dalam menempuh fase berikutnya dengan jalan mengeksplorasi pengetahuan awal dan ide-ide mereka serta untuk mengetahui kemungkinan terjadinya miskonsepsi pada pembelajaran sebelumnya. Minat dan keingintahuan (curiosity) pebelajar tentang topik yang akan diajarkan berusaha dibangkitkan. Pada fase ini pula pebelajar diajak membuat prediksi-prediksi tentang fenomena yang akan dipelajari dan dibuktikan dalam tahap eksplorasi
- Exploration, Siswa diberi kesempatan untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil tanpa pengajaran langsung dari guru untuk menguji prediksi, melakukan dan mencatat pengamatan serta ide-ide melalui kegiatan-kegiatan seperti praktikum dan telaah literatur.
- Explanation, Pada fase explanation, guru harus mendorong siswa untuk menjelaskan konsep dengan kalimat mereka sendiri, meminta bukti dan klarifikasi dari penjelasan mereka, dan mengarahkan kegiatan diskusi.
- Elaboration, siswa menerapkan konsep dan ketrampilan dalam situasi baru melalui kegiatan-kegiatan seperti praktikum lanjutan dan problem solving.
- Evaluation, Pada tahap akhir, evaluation, dilakukan evaluasi terhadap efektifitas fase-fase sebelumnya dan juga evaluasi terhadap pengetahuan, pemahaman konsep, atau kompetensi siswa melalui problem solving dalam konteks baru yang kadang-kadang mendorong siswa melakukan investigasi lebih lanjut. Berdasarkan tahapan-tahapan dalam metode pembelajaran bersiklus seperti dipaparkan di atas, diharapkan siswa tidak hanya mendengar keterangan guru tetapi dapat berperan aktif untuk menggali dan memperkaya pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang dipelajari.
D.
Kelebihan
dan Kekurangan Learning Cycle
Ditinjau dari dimensi peserta didik, penerapan
strategi ini memberi keuntungan sebagai berikut
- Meningkatkan motivasi belajar karena peserta didik dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran.
- Membantu mengembangkan sikap ilmiah peserta didik.
- Pembelajaran menjadi lebih bermakna
Adapun kekurangan penerapan strategi ini yang harus
selalu diantisipasi diperkirakan sebagai berikut (Soebagio, 2000).
- Efektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah pembelajaran.
- Menurut kesungguhan dan kreativitas guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran.
- Memerlukan pengelolaan kelas yang lebih terencana dan terorganisasi.
- Memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran.
E.
Cara Mengupayakan Lingkungan Belajar Agar Siklus
Belajar Berjalan Optimal
Agar tujuan pembelajaran tercapai,
kegiatan-kegiatan dalam setiap fase-fase harus dirangkai dengan baik.
Kompetensi yang bersifat psikomotorik dan afektif misalnya akan lebih efektif
bila dikuasai melalui kegiatan semacam praktikum, lingkungan belajar yang
perlu diupayakan agar siklus belajar berlangsung konstruktivistik menurut
Hadojo (2001) adalah :
- Tersedianya pengalaman belajar yang berkaitan dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa.
- Tersedianya berbagai alternatif pengalaman belajar jika memungkinkan.
- Terjadinya transmisi sosial, yakni interaksi dan kerja sama individu dengan lingkungan.
- Tersedianya media pembelajaran.
- Kaitan konsep yang dipelajari dengan fenomena sedemikian rupa sehingga siswa terlibat secara emosional dan sosial yang menjadikan pembelajaran berlangsung menarik dan menyenangkan.
semoga bermanfaat 😄
Komentar
Posting Komentar