REVIEW JOURNAL OF CURRICULUM STUDIES "CHANGE IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ MISCONCEPTIONS ON MATERIAL SYSTEMS AFTER A THEORETICAL-PRACTICAL INSTRUCTION"
Judul
|
CHANGE
IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ MISCONCEPTIONS ON MATERIAL SYSTEMS AFTER A THEORETICAL-PRACTICAL INSTRUCTION
|
Penulis
|
Florentina
Cañada Cañada a *
Diego
Airado-Rodríguez a
María
Antonia Dávila Acedo a
David
González-Gómez b
Lina
Viviana Melo Niño c
|
Jenis
|
International
Electronic Journal of Elementary Education
|
Volume
|
Volume
9(3)
|
Tahun
|
Received:
21 November 2016
Revised:
18 January 2017
Accepted:
2 February 2017
|
Reviewer
|
Wasi
Purnamawati
|
Tanggal
|
14
Mei 2018
|
Tujuan
Penelitian
|
This research aims to detect the
initial knowledge that twenty-one fifth grade Elementary Education students
(ages ranged: 10-11 years old) have about material composition.
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeteksi pengetahuan awal 21 siswa kelas lima SD (usia sekitar 10-11 tahun)
tentang kepemilikan komposisi materi.
|
Sampel
Penelitian
|
Sample consists of 21 students of the
5th grade (ages ranged: 10-11 years old) of a Public School of Elementary
Education in Badajoz (Spain).
Sampel yang diambil terdiri dari 21
siswa kelas 5 SD (usia berkisar 10-11 tahun) dari Sekolah Umum Pendidikan
Dasar di Bazadoz
|
Metode
Penelitian
|
This study follows a descriptive
and interpretative methodology
|
Simpulan
|
Menurut
hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini, siswa tidak dapat membedakan antara zat murni dan zat
campuran, terutama jika campurannya adalah produksi alami seperti susu. Oleh
karena itu siswa memiliki konsep
campuran terbatas yang difokuskan pada apa yang mereka rasakan dan tidak
termasuk produk alami, termasuk sampel heterogen seperti batu granit atau
pasir. Selain itu siswa mengalami kesulitan sehubungan dengan perbedaan
antara campuran homogen dan heterogen.
Oleh
karena itu, dari penelitian ini kami menyimpulkan bahwa konsep zat murni dan
campuran sulit untuk diasimilasi oleh siswa. Upaya pengajaran harus
disediakan untuk mempromosikan perubahan siswa miskonsepsi menjadi konsepsi
ilmiah yang lebih akurat, harus diatasi dalam pendidikan dasar karena ide-ide
ini bertahan dan dibentuk sebagai struktur mental yang menghambat pebelajaran ilmiah.
|
untuk mendapatkan jurnal ini silahkan klik :
Download
Komentar
Posting Komentar