REVIEW JOURNAL OF CURRICULUM STUDIES "CHANGE IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ MISCONCEPTIONS ON MATERIAL SYSTEMS AFTER A THEORETICAL-PRACTICAL INSTRUCTION"

Judul
CHANGE IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ MISCONCEPTIONS ON MATERIAL SYSTEMS  AFTER A THEORETICAL-PRACTICAL INSTRUCTION
Penulis
Florentina Cañada Cañada a *
Diego Airado-Rodríguez a
María Antonia Dávila Acedo a
David González-Gómez b  
Lina Viviana Melo Niño c
Jenis
International Electronic Journal of Elementary Education
Volume
Volume 9(3)
Tahun 
Received: 21 November 2016
Revised: 18 January 2017
Accepted: 2 February 2017
Reviewer
Wasi Purnamawati
Tanggal
14 Mei 2018
Tujuan Penelitian
This research aims to detect the initial knowledge that twenty-one fifth grade Elementary Education students (ages ranged: 10-11 years old) have about material composition.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi pengetahuan awal 21 siswa kelas lima SD (usia sekitar 10-11 tahun) tentang kepemilikan komposisi materi.
Sampel Penelitian
Sample consists of 21 students of the 5th grade (ages ranged: 10-11 years old) of a Public School of Elementary Education in Badajoz (Spain).

Sampel yang diambil terdiri dari 21 siswa kelas 5 SD (usia berkisar 10-11 tahun) dari Sekolah Umum Pendidikan Dasar di Bazadoz
Metode Penelitian
This study follows a descriptive and interpretative methodology
Simpulan
Menurut hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini, siswa tidak  dapat membedakan antara zat murni dan zat campuran, terutama jika campurannya adalah produksi alami seperti susu. Oleh karena itu siswa  memiliki konsep campuran terbatas yang difokuskan pada apa yang mereka rasakan dan tidak termasuk produk alami, termasuk sampel heterogen seperti batu granit atau pasir. Selain itu siswa mengalami kesulitan sehubungan dengan perbedaan antara campuran homogen dan heterogen.
Oleh karena itu, dari penelitian ini kami menyimpulkan bahwa konsep zat murni dan campuran sulit untuk diasimilasi oleh siswa. Upaya pengajaran harus disediakan untuk mempromosikan perubahan siswa miskonsepsi menjadi konsepsi ilmiah yang lebih akurat, harus diatasi dalam pendidikan dasar karena ide-ide ini bertahan dan dibentuk sebagai struktur mental  yang menghambat pebelajaran ilmiah.

untuk mendapatkan jurnal ini silahkan klik :
Download



Komentar

Postingan Populer