REVIEW JOURNAL OF CURRICULUM STUDIES "THE EFFECTS OF AUGMENTED REALITY ON ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ SPATIAL ABILITY AND ACADEMIC ACHIEVEMENT"


Judul
THE EFFECTS OF AUGMENTED REALITY ON ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ SPATIAL ABILITY AND ACADEMIC ACHIEVEMENT
Penulis
Ezgi Tosik Gün 1, Bilal Atasoy 2
Jenis
Education and Science
Volume
Volume 42
Tahun 
Received: 02.07.2017
Accepted: 07.06.2017
Online Published: 08.02.2017
Reviewer
Wasi Purnamawati
Tanggal
15 Mei 2018
Tujuan Penelitian
The purposes of this study are to investigate the effects of an augmented reality application on students’ spatial ability and academic achievement, and to analyze the opinions of students and their teacher concerning augmented reality environments.

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menyelidiki efek dari aplikasi augmented reality pada kemampuan spasial siswa dan pencapaian akademik, dan untuk menganalisis pendapat siswa dan guru mereka tentang lingkungan augmented reality.
Sampel Penelitian
study sample consisted of 88 students for the spatial ability measures and 81 students for the academic achievement measures. Four classes from the school were randomly selected from among the overall seven available in the school; two of these four selected classes were randomly assigned to the control group and two to the experimental group

sampel penelitian akhir terdiri dari 88 siswa untuk ukuran kemampuan spasial dan 81 siswa untuk pencapaian akademik, 4 kelas dari sekolah dipilih secara acak dari antara keseluruhan tujuh yang tersedia di sekolah; dua dari empat kelas yang dipilih ini secara acak ditugaskan untuk kelompok kontrol dan dua grup eksperimental.
Metode Penelitian
In the current study, a quasi-experimental pretest-posttest with a control group design was used to collect quantitative data, and a case study design was used to gather qualitative data to support quantitative data.

Metode dalam penelitian ini, pretest quasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif, dan desain penelitian digunakan data kualitatif untuk mendukung data kuantitatif.
Simpulan
1.     Hasil menunjukkan bahwa meskipun peningkatan signifikan diamati dalam kemampuan spasial dari kedua kelompok, tidak ada perbedaan signifikan yang ditemukan antara kemampuan spasial pasca-uji berarti skor dari kelompok eksperimen meningkat signifikan.
2.      Tidak ada perbedaan signifikan yang ditemukan antara skor prestasi akademik pasca tes dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
3.      Selain data kuantitatif, data kualitatif yang dikumpulkan dari siswa dan guru menghasilkan informasi berharga yang dapat membantu pencarian peneliti.

untuk mendapatkan jurnal ini silahkan klik :
Download

Komentar

Postingan Populer