REVIEW JURNAL PENDIDIKAN
Review Jurnal PENGARUH MODEL
PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V
SD DI KELURAHAN MENTENG, JAKARTA PUSAT
untuk mendapatkan jurnal ini klik : Download
untuk mendapatkan jurnal ini klik : Download
Judul
|
PENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
KELAS V SD DI KELURAHAN MENTENG, JAKARTA PUSAT
|
Penulis
|
|
Jenis
|
Jurnal
Ilmiah Pendidikan
|
Volume
|
Volume
7(12)
|
Tahun
|
2016
|
Reviewer
|
Wasi
Purnamawati
|
Tanggal
|
10
Mei 2018
|
Tujuan
Penelitian
|
Tujuan utama dari penelitian ini
adalah untuk memperoleh data secara empiris tentang pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis
terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam.
|
Populasi
Penelitian
|
Populasi terjangkau pada penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Menteng,
Jakarta Pusat. Di wilayah Kelurahan Menteng terdapat 3 Sekolah Dasar Negeri
dan diacak secara random sehingga terpilihlah Sekolah Dasar Negeri Menteng
02, Jakarta Pusat
|
Metode
Penelitian
|
- Pengambilan data diperoleh
melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan dengan
desain treatment by level 2x2.
- Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik simple
random sampling.
- Teknik pengumpulan data kemampuan
berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan tes.
|
Simpulan
|
1. hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari
siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation.
2. terdapat
pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kemampuan berpikir
kritis terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa,
3. hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari
siswa yang diajarkan menggunakan model group
investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis
tinggi
4. hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih rendah dari
siswa yang diajarkan menggunakan model group
investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis
rendah
|
Hasil
Penelitian
|
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
model inquiry training dengan
kemampuan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan
Alam siswa.
|
Komentar
Posting Komentar