REVIEW JURNAL PENDIDIKAN

Review Jurnal PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD DI KELURAHAN MENTENG, JAKARTA PUSAT

untuk mendapatkan jurnal ini klik : Download  


Judul
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD DI KELURAHAN MENTENG, JAKARTA PUSAT
Penulis
Uswatun Hasanah  toenoes@gmail.com  
Jenis
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Volume
Volume 7(12)
Tahun 
2016
Reviewer
Wasi Purnamawati
Tanggal
10 Mei 2018
Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data secara empiris tentang pengaruh model  pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam.
Populasi  Penelitian
Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Di wilayah Kelurahan Menteng terdapat 3 Sekolah Dasar Negeri dan diacak secara random sehingga terpilihlah Sekolah Dasar Negeri Menteng 02, Jakarta Pusat
Metode Penelitian
-      Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan dengan desain treatment by level 2x2.
-     Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling.
-  Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan tes.
Simpulan
1.    hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation.
2.   terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa,
3.    hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi
4.    hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih rendah dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah
Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inquiry training dengan kemampuan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa.

Komentar

Postingan Populer