RINGKASAN TEORI PERKEMBANGAN MANUSIA LENGKAP


Tabel Teori Perkembangan lengkap.


Image result for perkembangan manusia


Manusia dalam kehidupannya mengalami berbagai macam perkembangan, mulai dari bayi sampe dengan dewasa manusia terus tumbuh dan berkembang. dan pembahasan tentang perkembangan manusia itu sendiri menajdi hal yang sangat diminati terutama dalam dunia pendidikan. karena di dalam mendidik sebagai seorang guru, sudah seharusnya memahami dengan benar bagaimana perkembangan peserta didiknya sesuai dengan tahap perkembangannya. tujuannya tak lain adalah untuk memudahkan pendidik menemukan stategi dan metode yang tepat untuk menyampaikan informasi agar tujuan dari pendidikan itu tercapai dengan baik.

Berikut penulis rangkum tahap perkembangan manusia dalam sebuah tabel untuk lebih mudah dipahami:



TEORI  PERKEMBANGAN BIOLOGIS SIGMUND FREUD
Umur (Tahun)
Fase Perkembangan
Perubahan Perilaku
0 – 1
Masa Oral
Mulut merupakan daerah pokok aktivitas dinamik
1 – 3
Masa Anal
Dorongan dan tahanan berpusat pada fungsi pembuangan kotoran
3 – 5
Masa Felis
Alat kelamin merupakan daerah erogen terpenting
5 – 13
Masa Laten
Impuls-impuls cenderung terdesak  dan mengendap dalam bawah sadar
13 – 20
Masa Pubertas
Impuls-impuls mulai menonjol dan muncul kembali. Apabila bisa dipindahkan dan disublimasikan oleh das ich dengan baik maka ia bisa sampai pada masa kematangan.
20 ke Atas
Masa Genetikal
Telah menjadi manusia dewasa dan siap terjun dalam kehidupan masyarakat luas.
TEORI PERKEMBANGAN INTELEKTUAL JEAN PIAGET
Umur (Tahun)
Fase Perkembangan
Perubahan Perilaku
0 – 2
Tahap Sensori Motor
Kemampuan berfikir baru melalui gerakan atau perbuatan,perkembangan panca indra sangat berpengaruh,keinginan terbesar adalah untuk menyentuh atau memegang.
2 – 7
Tahap Pra-operasional
Kemampuan skema kognitif masih terbatas,suka meniru oranglain,mulai mampu menggunakan kata-kata yang benar,dan mampu mngekspresikan kalimat pendek secara efektif.
7 – 11
Tahap Operasional Kongkrit
Mulai memahami aspek-aspek kumulatif materi,memiliki kemampuan berpikir sistematis mengenai benda dan peristiwa yang konkret.
11 – 14
Tahap Operasional Formal
Telah memiliki kemampuan mengkoordinasikan dua ragam kemampuan kognitif,mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan anggapan dasar yang relevan dengan lingkungan.

TEORI PERKEMBANGAN SOSIAL ERIK ERIKSON
Umur (Tahun)
Fase Perkemabangan
Perubahan Perilaku
0 – 1
Trust vs Mistrust
Tahap pengembangan rasa percaya diri pada oranglain. Fokus terletak pada panca indra.
2 – 3
Autonomy vs Shame
Masa pemberontakan anak,tidak dapat dicegah begitu saja karena sedang mengembangkan motorik dan kognitif. Sangat terpengaruh oleh orang-orang di sekitarnya.
4 – 5
Inisiative vs Guilt
Banyak bertanya,mengalami perkembanngan ide,mengenali identitas diri. Penting,karena umumnya anak mulai merasakan secara psikologis pengaruh jenis kelamin.
6 – 11
Industry vs Inferionity
Sudah bisa mengerjakan tugas-tugas sekolah,termotivasi untuk belajar,namun punya kecenderungan untuk kurang hati-hati dan menuntut perhatian.
12 – 18/20
Ego-identity vs Role on fusion
Ingin mencari identitas diri,mulai ingin tampil memegan peran-peran sosial di masyarakat. Namun belum bisa memisahkan tugas dan peran yang berbeda.
18/19 – 30
Intimacy vs Isolation
Siap menjalani hubungan yang intim dengan oranglain,berumah tangga dengan pilihannya.
31 – 60
Generativity vs Stagnation
Munculnya kepedulian yang tukus terhadap sesama saat memasuki usia dewasa.
60 ke Atas
Ego Integrity vs Putus asa
Mulai mengembangkan integritas dirinya.
PERIODE PERKEMBANGAN BAHASA ANAK M. SCHAERLEAKENS
Umur (Tahun)
Priode Perkemabangan
Perubahan Perilaku
0 – 1
Periode Prelingual
Anak belum dapat mengucapkan ‘bahasa ucapan’ seperti yang diucapkan orang dewasa, Pada periode ini anak mempunyai bahasa sendiri, misalnya mengoceh sebagai ganti komunikasi dengan orang lain.
1 – 2,5
Periode Lingual Dini
Anak mulai mengucapkan perkataannya yang pertama, meskipun belum lengkap. pertambahan kemahiran berbahasa pada periode ini sangat cepat dan dapat dibagi dalam tiga periode yaitu; periode kalimat satu kata, kalimat dua kata, kalimat tiga kata atau lebih.
2,5 – 5
Periode Diferensiasi
Keterampilan anak dalam mengadakan diferensiasi dalam penggunaan kata-kata dan kalimat-kalimat sudah semakin bagus, sudah mengerti bahasa ibu dan pengembangan fonologi.
5 ke Atas
Periode Struktur Sintaksis
anak dianggap telah menguasai struktur sintaksis dalam bahasa pertamanya, sehingga ia dapat membuat kalimat lengkap.

Semoga bermanfaat !! 😄😄

Komentar

Postingan Populer